Malam Tahun Baru di Empang

kembang apiPertama dalam hidup saya, bermalam tahun baruan di empang pemancingan. Ini terjadi tanggal 31 Desember 2013. Empang pemancingan galatama patin “21” di Juanda – Depok, menggelar acara mancing “paket tahun baru” dengan tiket Rp200.000. Dari total 30 lapak yang dibuka (dari total 46 lapak), kurang lebih terisi 24 peserta. Cukup seru suasananya.

Durasi memancing paket dimulai pukul 20.30 dan berakhir 00.30 WIB. Selain berhadiah babon 1 + 2, plus C empat kali. Selain itu, panitia juga menyediakan hadiah hiburan bagi pemancing yang berhasil menaikkan ikan di awal tahun 2014. Hadiah ini dimulai pukul 00.00, ketika semua pemancing diminta mengangkat joran serentak, dan melemparkan umpan tepat pada pukul 00.00.

Sejak detik memasuki tahun 2014, pemancing yang berhasil strike pertama, memperoleh hadiah 2  tiket mancing gratis. Kemudian yang strike kedua, tidak mendapatkan apa-apa. Bagi yang strike ketiga, mendapatkan 1 tiket mancing gratis, dan bagi yang strike keempat, mendapatkan tiket gratis 4 kali. Hadiah-hadiah bilangan tiket mancing gratis itu, disesuaikan dengan bilangan tahun 2-0-1-4.

Cukup menegangkan juga menanti ikan di makan pasca pergantian tahun itu. Sebab, di tengah suara meriah letusan-letusan kembang api di udara, ikan sedikit banyak terganggu. Mereka jadi aktif bergerak, dan cenderung lambat makan. Mungkin stres. Atau, seperti seorang pemancing bilang, “Ikannya lagi pada nonton kembang apiiiii… jadi gak mau makan…..”.

Meski sedikit lambat, tetapi tetap saja ada pemancing yang ketiban pulung, strike pada menit-menit berhadiah tiket gratis itu. Sayaaaa? Hampir saja menjadi pemancing beruntung. Ya, saya strike keempat! Ketika umpan disambar dan joran saya gentak, riuhlah para mancingmania memberi support…. “Inilah ikan keempat tahun 2014 berhadiah tiket gratis empat kali,” gumam saya dalam hati.

Saya bilang di atas “hampir” menjadi pemancing beruntung. Itu artinya, memang tidak jadi beruntung. Sebab, baru jalan setengah tarikan, ikan mocel alias terlepas….. Meski bukan pengalaman mocel yang pertama (pada malam itu), tetapi mocelnya ikan dengan janji empat tiket mancing gratis itu, terasa mencubit perasaan. Apa boleh buat… sambil menyesalkan mocelnya sang patin, diiringi tawa riuh mancing mania di sekitar, kontan penyesalan itu berubah menjadi derai tawa yang sungguh menghibur.

Yaaa, itu sekelumit pengalaman mancing galatama di malam tahun baru. Seru!!! (roso daras)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s