Reel “Krosak-Krosok”

ryobi-carnelianAkhir-akhir ini, reel pancing saya bunyi “krosak-krosok”. Suara itu muncul ketika digunakan menggulung pasca strike. Sejauh ini sih tidak ada masalah, hanya saja di kuping tidak nyaman kedengarannya. Selain itu, muncul perasaan, “wah jangan-jangan kalau terus digunakan, bisa merusak.”

Sejumlah teman mancing menyarankan untuk membuka dan memberi pelumas. Dikasih tahu juga alat-alat yang diperlukan untuk membongkar reel. Persoalannya, sampai sekarang, saya belum berani membongkar reel. Takut bisa bongkar, tidak bisa pasang…..

Dari tiga reel merek Ryobi yang saya miliki, dua di antaranya  mengalami “krosak-krosok”. Satu di antaranya, sudah hilang, berkat  bantuan seorang cady yang menawarkan jasa bongkar-lumas. Ya, setelah dibongkar, dikasih pelumas, sekarang mulusss…. tidak ada suara “krosak-krosok” yang mengganggu kuping saat digulung pasca strike.

Tips singkat yang pernah saya dengar dari rekan pemancing maupun cady, sebenarnya normatif saja. Misalnya, jangan tekena (tersiram atau terendam) air. Tak dipungkiri, ketika hujan turun dan lapak tampias, joran (berikut reel) basah kuyup. Itu pun termasuk pantangan. Air hujan bisa membuat kering reel. Akibatnya, ya itu tadi, bisa bunyi kasar. Dan dalam kemungkinan lebih jauh, bisa merusak. (roso daras)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s